Inilah Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020

Permendagri Nomor 11 Tahun 2019 | Foto : istimewa

[bumidipasenaabadi.desa.id] Dana Desa yang digulirkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak tahun 2015 membawa perubahan tersendiri bagi Desa-desa di seluruh wilayah Republik Indonesia begitu juga bagi 8 Desa di wilayah Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung.  Adanya Dana Desa turut menghiasi berbagai bidang pembangunan di setiap Desa.

Kampung, yang merupakan sebutan Desa bagi wilayah Kabupaten Tulang Bawang sangat bersyukur dengan adanya Dana Kampung.  Berbagai jenis pembangunan baik fisik maupun non fisik tampak hingga sudut kampung dan juga pengembangan Badan Usaha Milik Desa yang disebut dengan BUMKAM (Badan Usaha Milik Kampung) mulai menampakkan hasil dari buah usahanya.

Setiap tahunnya, Dana Kampung yang dikucurkan oleh pemerintah disertai dengan prioritas penggunaanya agar alokasinya tepat sasaran dan tepat guna.  Untuk tahun 2020 ini ada ketentuan atau Prioritas Penggunaan Dana Kampung yang termaktub dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Permendes) Nomor 11 Tahun 2019.

Berdasarkan Permendes Nomor 11 Tahun 2019 yang ditetapkan pada 2 September tahun 2019 kita bisa mengambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.
  2. Prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud harus memberikan manfaat sebesar – besarnya bagi masyarakat Desa berupa: a. peningkatan kualitas hidup; b. peningkatan kesejahteraan; c. penanggulangan kemiskinan; dan d. peningkatan pelayanan publik.
  3. Peningkatan kualitas hidup masyarakat Desa diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat.
  4. Peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa diutamakan untuk: a. membiayai pelaksanaan program yang bersifat lintas kegiatan; b. menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan; c. meningkatkan pendapatan ekonomi bagi keluarga miskin dan d. meningkatkan pendapatan asli Desa.
  5. Penanggulangan kemiskinan diutamakan untuk: a. membiayai program penanggulangan kemiskinan; b. melakukan pemutakhiran data kemiskinan;  c. melakukan kegiatan akselerasi ekonomi keluarga dan padat karya tunai untuk menyediakan lapangan kerja; d. menyediakan modal usaha dan pelatihan bagi masyarakat Desa yang menganggur, setengah menganggur, keluarga miskin; dan e. melakukan pencegahan kekurangan gizi kronis (stunting).
  6. Peningkatan pelayanan publik diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program bidang kesehatan, pendidikan, dan sosial.

Selengkapnya mengenai Prioritas Penggunaan Dana Desa dan Pedoman Umum Pelaksaan Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 bisa diunduh pada link dibawah ini.

Download Permendes Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020

Semoga bermanfaat. (//YA)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan