Gusdur, “Tetap Waspadai Covid-19”

Himbauan Pemerintah Kampung Bumi Dipasena Abadi sikapi pencegahan virus corona | Foto : //YA

[bumidipasenaabadi.desa.id]  Maraknya pemberitaan mengenai virus corona (covid-19) akhir-akhir ini, Kepala Kampung Bumi Dipasena Abadi “Gusdur” mengeluarkan himbauan agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada. Hal ini disampaikan usai rapat koordinasi tingkat kecamatan Rawajitu Timur pada Sabtu lalu (21/03/2020).

Berdasarkan Surat Edaran Bupati Tulang Bawang Nomor 800/342.a /V.2 /III /2020 tentang Pencegahan Penyakit Corona Virus (Covid-19) “Gusdur” menghimbau agar masyarakat tidak panik berlebihan dan tetap waspada dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan terutama bagi masyarakat yang sering keluar masuk lokasi, kedatangan tamu dari luar lokasi, anak yang sekolah / kuliah di luar lokasi yang sedang pulang karena instruksi harus belajar dirumah sebaiknya segera melaporkan ke RT/RW setempat lalu memeriksakan diri ke Pustu untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Ditemui di kantor Kepala Kampung, “Gusdur” menyampaikan bahwa Kampung Bumi Dipasena Abadi berada di penghujung Kabupaten Tulang Bawang, merupakan daerah terpencil yang jauh dari keramaian, ini bukan berarti kita akan aman-aman saja.  Dengan adanya lancarnya transportasi darat melalui jembatan kampung selama 24 jam dan tingginya mobilitas masyarakat, kita harus tetap waspada.  Sesuai dengan hasil rapat koordiansi di kecamatan beberapa waktu lalu, agar masyarakat juga berperan aktif dalam tindak pencegahan penularan virus corona dengan memperhatikan hal-hal :

  1. Menunda atau meniadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak;
  2. Pencegahan penyebaran virus corona dengan : tidak bersalaman / berjabat tangan,  rajin mencuci tangan dengan sanitizer atau sabun dan menggunakan masker;
  3. Bagi masyarakat yang keluar masuk lokasi untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan di Pusat Layanan Kesehatan (Puskesmas, Pustu, Medical) terdekat;
  4. Pelayanan administrasi Kampung tetap dilaksanakan dengan ketentuan: sebelum masuk ruangan (kantor kampung) agar mencuci tangan menggunakan sanitizer / sabun, cek suhu badan dan kesehatan sebelum masuk atau keluar ruangan, melakukan pelayanan secara onlineindari berjabat tangan dan bersentuhan dan jaga jarak antar individu minimal 1 meter.
  5. Jika ada masyarakat yang baru datang dari luar lokasi diharapkan menghubungi RT/RW setempat untuk segera cek kesehatan di Pusat Layanan Kesehatan (Puskesmas, Pustu, Medical) terdekat;
  6. Tetap menjaga kesehatan dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah melakukan aktifitas, istirahat cukup dan konsumsi makanan yang sehat.  (//YA)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan